Archive for the ‘SoMe TipZZ for Girlzz’ Category

Kejadian waktu gua en Teo berada di sebuah restoran cepat saji di kawasan Mal Lippo Cikarang. Setelah memesan menu utama, penyakit lapar mata qta kambuh. Jadinya qta minta lg daftar menu dan pengen pesen lagi beberapa cemilan alias dimsum. Tapi… tak ditemukan, hanya ada segelintir menu yg bisa dikategorikan sbg cemilan.

Dari deretan menu tsb ada yg ckp menarik perhatian qta, yaitu spring roll. Penasaran dgn isi sebnrnya dr spring roll, qta panggillah seorg pelayannya yg kebetulan lewat di dpn meja qta. Rupanya dia msh training gt deh, karena seragamnya berbeda dgn tmn2 pelayan lainnya. Lalu percakapan pun dimulai :

G (gue) : “mba… spring roll itu apa ya??”
P (si mbak – pelayan) : “itu kaya gorengan gt deh mba…”
G : “ooo… isinya apa ya??kaya apa?”
P : ….. muka bingung….. “isinya? hmm, tepung gt.”
G : “hah? tepung doank digoreng? sama apa mba?”
P : “iya…tepung ama telur?”
G : “uda itu aja??”
P : “iya uda itu aja…”
G : “ooo… ok makasih mba.”

si mbak pun pegi dan g liat teo lalu lgs ngakak. OMG!! makanan apa tuh masa jualan tepung ama telor doank hrgnya ampir 9rb perak. mana ada yg beli????

karena uda menduga itu pelayan pasti sotoy punya, akhirnya qta tanya ama pelayan lain. Ternyata oo ternyata, ga beda jaoh ama pelayan pertama yg diduga msh trainee itu. pelayan yg sudah mendpt seragam resmi resto itu pun msh ga tau itu menu isinya apaan. OMG!! itu yg training sapa seh? koq pd ga lulus smua gini pelayannya… ckckckck!!

tapi.. untungnya pelayan yg kedua ini ga sesotoy pelayan pertama, dia nanya2 ama tmnnya dan sodara2 ternyata itu spring roll semacam lumpia gt yang isinya daging ayam cincang dengan dikasi saos asam manis warna merah. hmmm… gt aja koq repot.

Yach..itulah makanya buat para pemilik resto, sebaiknya cari traineer yg bnr2 bisa memilih mana yg sudah cocok jd pelayan dan mana yg hrs msh dlm status trainee. Krn klo pelayannya msh spt si trainee yg sotoy itu, mana ada yg beli tuh menu?? gelo aja. sapa juga yg mao makan tepung ama telor digoreng???? waklakakakakaka…. sungguh aneh!

 

-Melzz Cantique-

 

 

Advertisements

Hai girlz… sudah lama tak bersua. Karena apa?? 1. karena gua sibuk dgn urusan proyek2 yang tak jg menemukan titik temu (buntu mulu neh.. ampe bkn hopeless); 2. karena musibah yg menimpa (sialll!!! diceritakan stlh ini… krn emg ini tema posting hr ini); 3. karena males ajeeee…. wakakkaa.

Ok deh, skrg waktunya menceritakan detail dr point no 2 itu.

Mao tau apa musibah yg menimpaku?? Begini sodara2…. Minggu lalu, tepatnya tanggal 22 Juni 2009, spt biasa gua brgkt ke kantor dari Jakarta dengan diantar bokap tercinta (baenya dia mao anterin guaa.. jd terharu). Tidak ada firasat apapun, bahkan gua molor dlm perjalanan ke Cikarang. Abis msh ngantux seh. gua hrs bangun jam 05.30 AM, karena klo ga macet boo!! dan tentu aja bisa telat sampe kantornya….
Hari itu gua ga ke kost dulu, karena emg semua sudah gua siapkan dari seragam kantor dan sepatu. sudah kubawa dari hari Jumat, jadi gua emg ga perlu ke kost untuk ganti itu.

Sampe kantor…. dgn santai duduk dan ngobrol2 ama Jessica (nagih oleh2, karena dia br aja mudik ke Cirebon). Trus berniat memindahkan foto2 dari om gua ke laptop. Gua ambil kunci lemari dimana gua meletakkan laptop gua hari Jumat (19 June 2009) itu. Memang sengaja gua meninggalkan laptop gua di kantor, karena gua memang berniat akan memakai laptop itu hr Senin-nya, dan gua ga berniat untuk plg lg ke kost. Maka dgn PD lah gua tinggalkan tuh laptop di kantor dlm kondisi TERKUNCI!!! (i’m very sure about it)lihat!

Begitu gua ambil kunci dan membuka lemarinya…. Jreng2!! lah, kok lemari gua kosong. Panik seketika, tp msh ga percaya. Gua coba buka lemari2 yg laen. Buka lagi… tp msh ttp ga ada. Mulai ngmg ama Jessica. “jess, laptop gua ilang.” sama paniknya ama g, dia bantuin cari2 laptop gua, dgn membuka semua lemari yang ada dalam ruangan kita. Tapi hasilnya?? Nihil!! Waduh.. kiamat 17. Jess blg suru lapor Pak Willy, dan kebetulan emg Pak Willy lg naek ke lantai 2. ya uda deh, lgs laporan. Pak Willy sama shocknya.

Trus… gua disuru inget2 deh, apa bnr itu gua tinggalkan di kantor. Untuk meyakinkan, gua putuskan untuk kembali ke kost dengan naek ojek (gagal sudah rencana ga mao ke kost!!). Sepanjang perjalanan mencoba memikirkan kejadian gua menyimpan laptop itu. Dan gua sgt yakin memang itu gua taroh di kantor. Dan bnr saja kan?? Di kost tak ada… huaaa!!!
Sampe kantor lagi, tlp nykp di rumah. minta tlg dicekin ada ga laptop dirmh. ga lama, HP berbunyi… dan hasilnya sama aja “ga ada!” malahan dikasi embel2 diomelin pjg lebar.. hikss!!!

Mulai deh kasus menjadi besar, kebetulan ada bu lingga jg. Jadi semua pun mulai pusinggg…. Karena bnr2 ga menyangka kan di kantor bisa kehilangan?? So?? ada maling disini?? maling/klepto?? entahlah…. pokoe laptop gua ga ada. Hikss.. hikss..sesenggukan

Hari itu, ga niat kerja.. tp karena hrs profesional. gua ttp harus kerja. Memikirkan formula2 aneh bin ajaib. tapi emg ga fokus2 amat, karena dkt2 gua dipanggil ke ruang meeting tuk discuss dan dimintai kejelasan lbh detail mengenai musibah gua. Duh!! jd teringat tragedi kemalingan di rmh gua wkt dulu. Hiksss…
Dan hari itu juga dilakukan pemeriksaan di seluruh ruangan DLBS, dgn harapan barang msh ada di dalam DLBS. Tapi..yaa ga berharap jg seh. Secara uda dari hari Jumat getooo!! dan ternyata bnr kan?? NIHIL!!

Bsknya, manager GA – Pak Alex dateng. dia jg introgasi dan ajakin gua meeting lalu diskusi. tapi… stlhnya jg bingung, karena kita ga mao menuduh org. Tapi… stlh diselidiki dan dipelajari, ditemukan bukti bahwa memang kemungkinan besar org dalam lah pelakunya. Waduh!! jadi ada maling diantara kita?? hmm.. bnr2 bkn ga nyaman ga sech??? jd slg mencurigai…..

Ruangan gua jg didatangi oleh bapak2 security (entah dari mana) dan difoto2 jg, tau deh buat apaan difoto doank. buat bkn berita acara x ya.. auk deh!!

Dan…wkt terus berjalan, dan tetep aja hasilnya tak adoo!! my lopely laptop hilang tanpa jejak dan tanpa bilang2.. sedihnya. Dibeli dgn susah payah, dgn mengumpulkan sisa2 dari gaji yang emg slalu hampir ludes tiap blnnya. Dijadikan tmn di saat kesepian di kost. Disibukkan dgn kegiatan membuat slide2 dan berbagai job sehubungan dgn tgs2 kantor yang ga sempet diselesaikan di kantor.  Dipenuhi dgn foto2 gua yg SANGAT PENTING!!! HUaaaa…. itu point utamanya sodara2. Semua foto gua ilang. Bkn emosi ga sech???? Bayangkan, foto2 gua di Korea yg blm smua terupload di FB dan blm tercurhat di blog selamanya tak akan bisa dilihat kembali.
berkaca-kacaSedih ga sech??? Siaul kau pencuri!!! Smoga Tuhan mengampunimu…

Yang kocak neh nykp ama sepupu gua, Kevin. Mereka shock pas diblgin foto2 kita jg ilang secara laptop g ilang gt. Ekh…mrk lbh shock dgr berita fotonya ilang daripada berita laptop gua ilang. Waduh!! segitunya sech???
Ya ielaaa… laptopnya aja ilang, gmn fotonya masih ada?? emg malingnya sempet gt mindahin filenya dulu ditaroh USB?? ato dicuci cetak dulu gt fotonya? Maling yg sopan ya klo gt… Andai tuh maling kaya gt.
Tp tetep aja ga sopan!!! Mana ada mao sesuatu tp nyolong??? Spt tak berpendidikan… Huh!! emosi gua.

Nah…hari ini katanya mai boss “Mr Raymond” akan mengadakan briefing lg terkait mslhku ini. duh!! ga enak seh rasanya, tp gmn lg? tmn2 di kantor kita ada maling sech. kita musti waspada!!
Ooia, jd inget pesen nykp. Dia menasehati gua sambil blg “kejahatan itu terjadi juga karena ada kesempatan. waspadalah…waspadalah… – mengutip kata2 bang napi” hahaha.. kocak aja dgrnya!

Jadi..moral dari peristiwa ini:
1) jagalah barang berharga Anda tanpa pengawasan.
2) jangan percaya kepada siapapun, karena dimana pun dan kapan pun bisa terjadi kejahatan dan siapapun jg bisa jadi jahat (loh kok gt.. ya iyelaa!)
3) jangan lupa save/burn foto2 terutama yg blm dipamerin di FB ke dalam CD or USB.
4) saatnya menggerakan aksi penggalangan dana untuk membeli laptop baru.. huahahahaha… ada yg mao bantuin ga ya yg ini?? hiihihi..ketauan

Uda dulu akh…. back to work! hrs semangat cari duit lg, beli laptop lagi….
Huaa..rugi bandar neh gua! seballll… terkutuk kau pencuri!! loh2, kok jd gahar?? abis emosi sech…..
Maap kan daku, Tuhan.hehehe

P. S : Ooia, sbg info lg neh… dikarenakan hilangnya laptop gua krn ulah org tak bertanggung jwb itu, sesi dongeng di koreaku berakhir sudah… Karena ga ada foto2nya, mana asik?? Kurang afdoll!! dan ga semangat jg ceritanya. Huu!!

-Melzz Cantique-

Hai..Hai… ga terasa neh. ntar lagi Natal ^^ Seneng banget ga secH???
Yupzz!! As u know, natal identik dgn kata “HOLIDAY” – Yippieee! Sdkt katro bin udik, rasanya kok lebay banget ya cuma libur doank.
Gua kasitau ya..bagi kita2 yg uda kerja ini, mendptkan liburan tuh rasanya uda spt dapet THR, puas luar biasaaa… wakakaka! Duh..can’t wait neh. 
Kerjaan gua skrg spt lagu Kris Dayanti -Menghitung hari…detik demi detik…- Wakakkaka…

Apa aja seh yg musti kita siapin buat menyambut Natal en Tahun baru ini?
1) Ambil cuti minimal dari 1 bln seblmnya. Hahaha..
Buru2an deh ama tmn kantor yg laen. Kan pasti ada jatahnya tuh 1 kantor brp org doank yg blh cuti. Kan ga mungkin donk kantor kosong, karena semua karyawan cuti natal dan thn baru. Wakakkaa.. Bisa diomelin Bos besar! 

2) Think about Christmast..Christmast.. Here We come!!
Persiapkanlah semua atribut natal. Mulai dari belanja dekorasi rumah, kado2 natal buat semua kerabat (don’t forget me, girlzz!! ^^ ngarep!!) ampe belanja makanan. Hahhaa…

3) Masuk bln Desember, segeralah keluarkan pohon Natal dari dalam gudang, dan mulailah berkreasi… Dekorasilah pohon natalmu sesuka hati.. Tebarkan kado2 dibwh pohonnya, pasang kaos kaki santa dan berdoalah, smoga ada yg berbaik hati mengisinya. wakakkaka…  
Here some recommend decoration for your home (tp mana ada ya di Indo perapian kaya gt??):
christmas-tree-inside-the-house  christmas20tree
Woww…really can’t wait for christmast ^^

4) Merencanakan liburan..
Nah!! ini yg paling asyik. Mao liburan kemana nech girlz?? Ke luar kota? Ke luar negri ato ke luar rumah aja?? Hahaha…
Klo ke luar negri, siap2 aja deh rogoh kocek sedalam2nya. Tapi don’t worry lah, klo dah akhir thn gini kan byk bgt tuh sale2 tiket pesawat plus promo2 dari tour. Uda pada hunting blm???
Klo mao ke luar kota, yaa..siap2 capek deh! Secara pasti macet gt. Apalg yg namanya Bandung, Puncak, wah…itu kan obyek wisata banget. Alhasil pasti macettttttt….
Nah…klo mao keluar rumah doank itu yg plg irit. Yaa!! plg cuma ke mal, makan, jalan bentar, plg rumah lg, tidur. Bsk paginya mengulangi aktivitas yg sama. Hmmm..gua rasa ini plg hemat deh.. Dan yg plg bisa bkn timbangan lu shock pas lu berdiri di atasnya. Klo uda gini, siap2 deh cari baju baru. Secara baju2 lama lu pasti dah pd ga muat.. wakakkaak!!
Ga apalah..buat alasan aja. New Year, New Clothes.. Ga ada yg slh kan???  ^^

5) Kerja normal spt biasa sambil sdkt menghitung hari libur mendekat. 
Menghitung hari..detik demi detik… Huaaa!! Pengen banget seh liburann!!! (apakan itu tanda2 kestressan dan kebosanan dari gua ya??) 

6) Malam natal menjelang… Plg setenggo2nya dari kantor. Dan segera caw!! Karena bisa aja jalanan macet dan kalian ga isa ikut misa malam natal. Don’t miss it, guyz!!
Misa malam natal ini sgt penting.. Syahduu lagi. berikan kita ketenangan dan mempersiapkan hati kita untuk menyambut kedatangan Tuhan dan datangnya tahun yg baru… Amin!!

7) Buat planning untuk tahun dpn…
Tentunya kita ga mao donk jadi org yg gini2 aja. Jadi..kita butuh tujuan hidup!! untuk itu, kita butuh memplanningkan langkah2 kita selanjutnya. Pikirkan dari thn ini, apa saja target kalian, apa saja yg mao dgn usaha maksimal kalian ingin anda rubah (entah sifat, entah karakter, apa ajalah..)
yach..yg penting ada perubahan lah menjadi lbh baik di tahun yg ke dpn ini.
Dan semoga untuk kalian2, semua harapan dapat terkabulkan… Amin!! 

Lastttt but not least, Enjoy Holiday yach girlzz…. ^^
Nikmatilah liburan kalian masing2. Don’t forget to share with us on next year yach!!

Yach..kira2 gt lah yg harus kalian lakukan sblm Natal menjelang. Ayu2 bagi yg blm siap apapun, buruan. Natal segera tiba. tinggal 1 minggu lagi. hurry up!!

Can’t wait for Christmas… Hihihihi ^^

a_091-Melzz cantique-

Is he the right??

Posted: November 28, 2008 in SoMe TipZZ for Girlzz

Beberapa hal sederhana untuk mempertimbangkan apakah ia layak diperjuangkan ??
Ada beberapa hal simple yang bisa membantu kita untuk bisa mempertimbangkan apakah orang ini layak diperjuangkan untuk menjadi kandidat pasangan kita kedepan nanti.
1. Bagaimana reputasinya?
Seringkali kita bermimpi “untuk mengubah seorang yang liar menjadi orang yang baik hati”, namun mimpi itu tidak selalu menjadi kenyataan. Karena itu jika reputasi orang yang kita sukai itu sangat buruk di luar sana , kita sebaiknya berhati-hati dan berpikir dua kali atau mungkin tiga kali.
2.Kenali setiap percakapan dengannya.
Dalam setiap percakapan, yang penting untuk kita ketahui ialah apakah ia seorang “pecinta diri sendiri” atau bukan. Jika ia tipe yang selalu fokus pada dirinya ketimbang pada kita, ini tanda kurang baik, terutama jika kita ingin serius dengannya di kemudian hari.
3. Sadari pengaruh kehadirannya pada kerohanian anda.
Ini poin yang paling penting. Sebelum kita dan si dia memulai hubungan yang lebih serius, kita harus mulai bisa menilai dari berbagai sisi, apakah kehadiran orang istimewa kita itu memberi pengaruh baik bagi kerohanian kita atau tidak. Apakah kehadirannya membuat kita rajin berdoa atau malah jadi malas berdoa sama sekali? Apakah bersamanya membuat kita jadi jatuh dalam dosa atau tidak? Poin utamanya ialah, bersama dengan dirinya harus membuat hidup rohani kita naik dan bukan turun!! Jika bersama dengannya membuat rohani kita menjadi lemah, tinggalkan saja angan untuk bersamanya
4. Ketahui sejarah percintaannya.
Apakah gebetan kita ini terkenal sebagai si tukang gonta ganti pacar? Jika mantan pacarnya ada 12 padahal umurnya baru 23 tahun, kita benar-benar harus hati-hati, karena itu berarti dia bermasalah dengan satu kata yang berjudul ‘komitmen’. Bisa-bisa kita hanya akan menjadi “pacar nomor 13” untuknya.
5. Apakah kita nyaman bersamanya?
Ada orang yang kita sukai tapi membuat kita sendiri tidak nyaman. Mungkin karena bahasanya yang kasar, cara berpakaiannya yang -jujur saja- membuat malu, atau tingkah lakunya yang kadang tidak sopan. Jika ya, lebih baik pikir-pikir dulu untuk menjadikan dia kekasih pujaan hati.
6. Bagaimana ia pada keluarganya.
Bagaimana ia memperlakukan keluarganya dan bagaimana ia berhubungan dengan saudara-saudaranya adalah hal penting yang disimak. Peringatan besar muncul jika orang yang anda sukai suka memusuhi adiknya sendiri atau kasar pada orang tuanya.
7. Bayangkan yang jauh kedepan.
Maksudnya, kita harus mulai punya bayangan sebuah pernikahan dengan dirinya. Jika membayangkan untuk menjadi istri/suami nya saja membuat kita merasa aneh, jangan lanjutkan. Bayangkan juga apakah ia bisa menjadi ayah/ibu yang baik bagi anak-anak kita nanti. Kalau sikap dan karakternya sangat meragukan untuk itu, berarti ini sebuah lampu merah untuk kita.
8. Orang lain harus dihargai.
Pendapat orang tua, pendapat sahabat, pendapat pimpinan, harus kita dengarkan. Biasanya mereka yang sudah “buta oleh cinta” tidak bisa melihat segala sesuatu dengan objektif. Karena itu pendapat orang penting dipertimbangkan. Jika semua orang terdekat berkata tidak, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kembali keputusan anda.
Jika hampir semua dari 8 hal sederhana diatas mengarah ke sesuatu yang negatif tentang orang yang kita sukai tersebut, mengapa harus pusing lagi? Orang-orang sekeliling kita boleh menyebarkan kebohongan bahwa “kita harus punya pacar!!”. Padahal tidak. Begitu banyak perceraian yang terjadi karena kebohongan ini. Mereka memaksakan diri berpacaran dengan orang yang salah hanya karena ingin punya pacar dan akhirnya menikahi orang salah itu. Dan penyesalan hanya datang kemudian, “andai aku lebih berhati-hati waktu pacaran dulu”. Karena itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk MENUNGGU sampai orang yang terbaik untuk kita dari Tuhan, tiba. Amin.

Hai…posting ini cuma menyadur dari email seh sebnrnya.
Tp emailnya mnrt gua bagus banget buat pembekalan kita. Hehehe.. Jd kita ga hanya bisa mengeluh aja. Tp bersyukurlah atas sgala sesuatu yg sudah kita punya… Karena jika kau mao melihat sekelilingmu, mrk jaoh lbh kekurangan dibandingkan kita.

Sekali2 lihatlah ke bawah maka kau akan bersyukur atas apa yang kau miliki sekarang… ^^

Ini petikan emailnya.. :

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa aku tidak kaya…

 

Lalu Dia menunjukkan
seorang pria dengan banyak  harta, tetapi hidup kesepian, dan tidak
memiliki siapapun untuk berbagi.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa aku tidak cantik…

 

Lalu Dia menunjukkan
seorang wanita dengan kecantikan yang melebihi lainnya, tetapi memiliki karakter
yang buruk.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa Ia membiarkan aku menjadi tua…

 

Lalu Dia menunjukkan seorang
anak laki-laki berusia 16 tahun sedang terbujur kaku, meninggal karena
kecelakaan mobil.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa aku tidak memiliki rumah besar…

 

Lalu Dia menunjukkan sebuah
keluarga yang beranggotakan 6 orang, baru saja diusir dari rumah yang kecil
sesak…dan terpaksa tinggal dijalanan.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa aku harus bekerja…

 

Lalu Dia menunjukkan
seorang pria, yang tidak bisa menemukan satu pekerjaan pun, karena tidak
memiliki kesempatan untuk belajar membaca.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa aku tidak menjadi orang terkenal…

 

Lalu Dia menunjukkan
seseorang yang memiliki banyak sahabat, tetapi semuanya pergi ketika orang itu
tidak memiliki harta lagi.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa aku tidak pintar…

 

Lalu Dia menunjukkan
seorang yang terlahir jenius, tetapi dipenjara karena menyalahgunakan
kepintarannya untuk kejahatan.

 

Aku bertanya kepada Tuhan,
mengapa Ia begitu sabar dengan orang yang tidak bisa bersyukur seperti aku…

 

Dia lalu menunjukkan
AlkitabNya…Dia menunjukkan AnakNya, yang telah mengambil alih tempatku di
Kalvari.

 

Aku tahu sekarang betapa
besar Ia mengasihiku…

 

Dan itu cukup
bagitu

 

 I TESALONIKA
5:18

 

‘Mengucap syukurlah dalam
segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi
kamu.’

Smoga penggalan kata-kata diatas bisa membagkitkan semangat bagi siapa aja yang sedang dilema, frustasi, dan mencoba menuntut lebih dari Tuhan. Bersyukurlah teman atas segala apa yang kau miliki saat ini.. GBU!

-Melz cantique-

Sesuai request dr RIna bin Rintong. Hehehe..Gua akan membagi beberapa tips deh. Klo ada pertanyaan, dpt lgs menghubungi sy loh!

  1. Stlh si anak anjing dibeli en plg ke rmh br. Biasa dia akan mulai tuk adaptasi. Klo dirmh uda ada beberapa anjing laen, kenalkan dia dgn tmn2nya. Klo sendirian ya ga usahlah! Kenalin ke penghuni rmh aja. Hehehhee… 🙂
  2. Nah..selama masa adaptasi itu kadang-kadang dia bisa diare. Untuk 1-2 hr klo dia msh diare, itu ga mslh. Tp klo msh spt itu jg, mulai deh waspada! ada apa dgn anjingmu??? 
  3. Untuk dogfood dia, misal kalian mao ganti jenisnya bisa diganti kok.. Gua saranin jgn beli Pedigree, Alpo (itu murah, tp ga bgs kualitasnya). Untuk kualitas bgs seh merknya Royal Canine, Eukanuba (tp hrgnya mahal booo!! bisa bangkrut!). Nah! di kelas middle ini, kualitas ok, hrg jg ok ada beberp merk spt Best in show, Nutro. Terserah kalian mao kasi grade mana ke doggie2 kalian. Hehehe…
  4. Selaen butuh dogfood, anjing jg spt manusia. Dia butuh jg buah en vitamin. Klo untuk buah, bisa tuh kalian pas lg mkn buah, bagi2 dkt lah ama dia. Tp jgn byk2 jg. Ntar dia bisa mencret apalg yg asem2 tuh, kaya jeruk! Kasi aja buah spt pepaya, melon, apel, dll. Klo untuk supply vit dia, sebenrnya di petshop jual tuh vit khusus anjing. Tp lu org tau ndirilah hrgnya Masya Allah. Jd mendingan kalian beliin aja vitamin buat anak2 deh, spt fitkom, stimuno, lytacur (promosi Dexa bgt. Hehehe). Apa aja deh buat vitamin anak2. Dosisnya dkt aja biasa cuma 0.5 mL loh. jd pake suntikan aja, klo punyaaa..(klo ga punya, pas ke dokter, minta suntikan bekas aja ama dokternya. biasa dikasi gratis..)
  5. Selain itu klo anjingmu susah makan alias ga nafsu mkn.. kasi jg multivitamin penambah nafsu mkn anak yg dijual di supermarket, spt Curcuma pluz ato apa gt namanya.  [gua lupaa 🙂 ]
  6. nah..untuk beberapa anjing berbulu tebal en biar bulunya bagus. Kalian hrs plh dogfood yg bisa untuk memperbagus bulu (tanya ke mas2 di petshopnya). Selain itu bantu jg dengan kasi dia minyak ikan dlm bentuk softgell gt deh. Jd bulu dia akan bagus en lebat. Biasanya anjing suka bgt kok ama minyak ikan. Klo dia ga mao, paksain telen, masukin tuh obatnya ke kerongkongan dia yg dlm en tutup mulutnya slm beberp detik.
  7. Untuk anjing yg rakus (alias suka makan yg ngga2 ampe dia diare), kasi dia norit untuk menetralisir racunnya. anjing gua dirmh uda dibiasain nykp mkn norit, jd norit dianggap snack ama dia. Klo nganggur, kadang2 kasi aja 1 butir ke dia. Biar dia latian ama tuh norit en lu jd ga susah kasi dia pas dia skt. Krn klo uda skt dia ga mao, repot tuh. Lu musti larutin tuh norit en cekokin dia pake suntikan gt. En dosisnya yg gua kasi biasa untuk anjing kecil 5 butir seh. Ntar pup dia akan berwarna hitam2 gt (hiii!!!) 🙂
  8. Nah! stlh itu semua yg hrs dipkrkan lg adalah melatih dia agar tdk pup en pipis sembarangan di dlm rmh kita. Kan males jg donk sering2 bersihin. Jd hrs dilatih tuh anjingmu. Caranya…Pas dia pup ato pipis di sembarang tempat, lgs marahin dia. Say “NO!” dgn suara lantang, pelototin dia, muka jgn cengar cengir. Jd lu keliatan marah. Anjing ngerti kok pas majikannya marah. Yg penting jgn mukul kepala, klo mao mukul pukul pantatnya aja.  Nah!! abis lu say “NO” itu, lu buru2 lap en pel pake pewangi ato apa gt deh biar bau pipisnya ga nempel disana. En sediakan koran di tpt yg lu pengen dia sehrsnya pipis, kasitau dia. Tunjuk2 tuh korannya! Ooiya, klo abis lantainya dipel pake pewangi, lu angkat dulu anjing lu ampe tuh lantai kering, trus lap pake kain basah. basahin air en kering. br deh lu blh taroh anjing lu disana. Krn takutnya dia jilat lg tuh lantai yg uda dikasi larutan pewangi. Isa keracunan dia! Lu yg sabar melatihnya. sering2 diajari gt. Lama2 jg dia ngerti. begt jg klo pup. Pupnya lu pindahin ke koran, trus tunjuk2 tuh pupnya, suru dia cium, en blgin dia hrs pup disana. Sering2 digituin, lama2 dia ngerti kok. Emg hrs sabar seh.. 🙂
  9. Untuk antisipasi anakanjing yg suka makan pup. Kdg ada beberapa anak anjing yg gt. Itu bisa krn pencernaan dia ga bnr ato dia nakal, jd caranya lu lgs blg “No” tiap dia mao dktin pupnya ato lgs dibuang pupnya begt dia BAB, ato sering2 kasi dia pepaya biar pencernaannya bnr, en klo msh bandel jg, klo mnrt dokter seh disuru kasi obat namanya “deter”, tp stlh gua kasi ke doggie gua ga berhasil en mrk berhasilnya dgn teknik “ga bgt!” yaitu begt dia pup, pupnya dikasi minyak angin aja byk2. Anjing ga suka bau minyak angin, jd dia pasti akan menjauh dan ga mao lg. gt dech… 🙂 Ooiya untuk anjing dengan bulu byk,spt pom begt dia pup, sgera bersihin tuh pantat dia. Krn klo ga ntar pupnya bisa nempel2 di bulu, susah bersihinnya en mao ga mao musti dimandiin en ato malah lu hrs gunting bulunya. Hehehe… Syg kan??
  10. Untuk kebersihan dia, anjing yg br dibeli en dibw plg ke rmh, jgn lgs dimandiin. Klo dia bau, mandiin aja pake tissue basah bayi “Mitu”, kasi bedak bayi. Uda wangi lg deh.. Jd mandii aja stlh 1-2 mgg di rmh baru en dia ga skt. Klo anjing lg skt, misal mencret, lemes ato flu jgn dimandiin loh! ntar mkn skt. Untuk mandiin anjing rutinnya klo lg rajin hrsnya 1mgg skali. Tp krn anjing kita kan mini2 ya, rin? Jd ya..ckp lah 2mgg sekali. Lagian dia kan jg ga keluar rmh. Jd pasti hrsnya dia ga bau2 amat. Hehehe…
  11. Untuk vaksin anjing. Anjing jg perlu vaksin loh! Wkt mao ke dktr, pastiin anjingnya sehat. Jgn dlm kondisi skt, dia divaksin. Dokternya pun biasa akan nanyain dia ga skt kan? Krn abis vaksin, ada bebrp anjing jd skt, spt nafsu mkn turun, lemes, tp biasa dlm 1-2 hr uda normal lg kok..  Vaksin anjing itu pertama kali sblm umur 3 bln, yaitu parvo, stlh itu pas umur 3bln divaksin eurican 4, en wkt umur 6 bulan divaksin eurican 6. Stlh itu adalah vaksin ulangan per thnnya. Hitungan tgl vaksin diitung dr tgl terakhir dia divaksin yg tercatat dlm buku vaksinnya yg ditulis sama dokternya. Jgn sampe terlewat loh ya!! Perhatikan kesehatan dogie kalian…
  12. OoOiyaa..ada lg! anjing jg hrs dikasi obat cacing biar dia tdk cacingan. Biasa setiap 3 bln. Kalian beli aja obat cacing anak2, combantrin rasa orange yang ada di apotik2. (Rin, tanya om breedermu apa pomnya itu uda dikasi obat cacing?? tanya jg kpn trakhir tgl dia dikasi obat cacing?) Catat tgl trakhir dia mnm obat cacing! Stlh itu 3 bln dr tgl itu, kalian kasi dia lg obat cacingnya. Shg anjing kita bnr2 bebas dr yg namanya cacing2 menjijikan. Kan kasian jg dia klo ampe cacingan.  Untuk dosis sktr 0.5 mL untuk anjing kecil rasa2nya. (Coba nanti kucek lg deh! agak lupaa.. 🙂 )
  13. Trakhir, untuk melatih dia sit down, shake hand, dll. Biasa dipancing lewat makanan yg dia sukai. Wkt mao ngajarin, misalnya mao suruh sit, tepuk dan dudukkan pantat anjingmu trus blg ini “SITDOWN!” trus suru dia ulangi berkali2. Klo dia bisa, elus2 kepalanya (anjing suka dielus2 logh) and blg “GOODBOY..” klo mao shake hand, angkat tgn kanan dia en blg ini “SHAKEHAND”. Ya ..kira2 begtlah ya!

Udah deh rin..kau mao nanya apa lg?? Selanjutnya tinggal kau praktekin aja tuh tips2 dr gua. Smoga calon anak anjingmu ga bandel2 kaya anak2 gua. Hehehee…

Salam dr doggie2 gua nech..Hehhee… 🙂

 

-Mel Cantique-

 

 

 

 

Hai girlzz..berhubung gua lg nganggur. Spt saran Rina, gua akan berbagi tips mengenai cara merawat anjing. Seblmnya mending tips memilih anak anjing dulu yacgh..(^.*)

Ok..beberapa tips memilih anak anjing antara lain:

  1. Tentukan dulu lu org mao beli anjing ras atau anjing kampung. Jika anjing ras, plh yg berstamboom ato tdk (btw stamboom adalah spt surat akte lahir mns gt dehh, jd ntar dia spt punya KTP or akte lahir gitchuuu..). Nah! Klo mao yg anjing ras en berstamboom, siap2in deh uang byk2. Rogoh kocek sedlm2nya. Krn biayanya ga dkt. Mahal bo!! Plg murah jg 1.5jt, tp tergantung rasnya jg seh. Hehehe.. Selaen itu jg perawatan dia. Klo ama yg mahal2, kan qta syg jg ga merawat dia bae2. Pasti ntar makin bsr pengeluarnnya. Tp biasa itu sebanding koq. Krn kualitas anjingnya jg beda bgt.
  2. Stlh mlh jenis anjing en nyiapin kocek dan memantapkan hati sanubari, kemudian pergilah hunting di petshop ato melalui website2 doggie. Tp gua sarankan jgn beli di petshop! Krn byk virusnya disana. Byk kejadian org beli anjing disana dlm 1-2mgg, anjing uda mati. Krn petshop jualan buat bisnis, jd dia ga mkrin kesehatan anjingnya. Makanya ga heran kadang2 anjing disana terlihat lemes..Klo uda kaya gt, jgn dibeli yee! Klo misal uda terlanjur beli pun, hrs segera dicheck-up ke dokter hewan. Periksa semua penyakit yg mungkin ada di dia. Krn kan kasian en syg jg klo ampe dia knp2. Ya ga???
  3. Nah!!stlh hunting melalui website2 doggie (diantaranya anjingkita.com, anjingmu.com, anjingras.com, iklananjing.com, gukmeong.com, jakartapets.com, indochihuahua.com, dll) kalian bisa mulai hubungi tuh org2 yg pasang iklan penjualan anak anjing. Klo bisa seh yg breeder/kennel yach. Jd mrk uda pengalaman gt merawat anak anjing, jd ga sembarangan jg kualitasnya. Cumaaaa…ya! biasa lbh mahal. hehehe. Beberapa keuntungan beli di breeder dr pengalaman gua, orgnya tuh paham bgt mengenai seluk beluk anjingnya. Dia jd tau klo penyakitnya apa, obatnya apa. Klo org iseng2 doank bkn menekuni, suka asal kasi tau obatnya akhirnya anjing ga sembuh2. Kan kasiaannn…Ya ga???
  4. Nah!! Stlh kalian sreg ama anjing tertentu en nego harga. Ooiya! Pintar2lah menawar, klo perlu sambil sdkt pasang tampang iba (biar dikasi murah..Wakakkaka). Abis itu kalian dtglah melihat kondisi si anak anjing. Jgn sampe menyesal kemudian donk. Jd jgn byr apapun dulu sblm kalian liat sendiri kondisi anak anjingnya di dpn mata.
  5. Stlh melihat anak anjingnya, yg hrs diperhatikan amati dia berkutu/tdk (jgn sampe dia berkutu!),  sehat/tdk (anjing sehat biasanya aktif, klo dia tdr trus brarti ada something wrong dgn dia. Ya! bisa aja seh dia kekenyangan. Wakakaak!), syarat2 fisik dr tiap anjing ras (spt chihuahua untuk kualitas yg bgs hrs apple head, moncong pendek, etc. Misalnya pom yg berkualitas bgs klo bulunya byk, sehat, etc. Klo husky hrs berkaki besar, bermasker trisula, bdn sehat dan kokoh. Untuk syarat2 fisik itu bisa dicari dr internet sblm membeli anjingnya. Cr tau dulu donkzz dgn jarimu!!), meminta surat stambooom dan cocokkan dgn tanda pada kuping kiri si anak anjing (hrs sama loh!!),  meminta buku vaksin dan cek (plg tdk si anak anjing hrs sudah divaksin Parvo! krn jika tdk sgt rentan akan penyakit en bisa menyebabkan kematian), klo memungkinkan minta temukan si anak anjing dengan induknya-betina dan jantan klo bisa (agar bisa melihat kualitas si anak anjing jika besar nanti. Dan ada beberapa breeder yg boong, diblg anak anjingnya ini champion or something like that. Jgn lgs percaya! Minta temukan dia dgn induknya, klo induknya marah, brarti itu bkn anaknya. Krn klo memang itu anaknya, hrsnya dia tdk marah sama anaknya), terakhir periksa kesehatan anak anjing dgn membuka mulutnya (perhatikan gusi si anak anjing, hrs dlm keadaan merah, pertanda dia sehat! selaen itu jg dpt kalian perhatikan tatanan gigi si anak anjing. Yg bgs antara gigi atas dan bawah rata-tidak maju slh satunya). Hehehe…
  6. Stlh dipastikan semua kondisi pada no 5 ok, lalu jgn lupa untuk minta dogfood yg dia makan selama ini. Kalian tdk hrs mengikuti untuk senantiasa memberikan makanan jenis yg sama spt yg breeder tsb berikan, kalian dpt menggantinya tp jgn lgs. Krn hrs bertahap! Jd kalian ganti misal 3/4 dogfood lama, 1/4 baru, kemudian 1/2 lama 1/2 baru, kemudian 3/4 baru 1/4 lama, hingga akhirnya dia sepenuhnya makan dogfood baru yg kalian plh. karena klo mknannya lgs diganti biasa dia akan bermslh di pencernaan, yaitu dia akan jd diare. Klo diare jgn lgs didiamkan! itu pertanda ketdkberesan. Kasi dia byk mnm, karena takutnya dehidrasi. Selaen itu jika diare krn dogfood yg lgs diganti, maka lakukan langkah2 penggantian bertahap spt diatas. Jika memang msh spt itu beri norit dan klo masih parah jg, bw dia ke dokter hewan. Jgn dibiarkan hingga anjing berak darah. Itu sudah fatal!
  7. Selanjutnya bw plg deh si anak anjing dan jdkan dia sbg teman hidup Anda yg baru…
  8. Selamat bermain dan jgn cuekin dia! Anjing jg suka dimanja lohw…

-Mel cantique-